Home
Bahas Seputar Aktifitas Kemahasiswaan, Unmul Kunjungi UB
gallery5
share :

Bahas Seputar Aktifitas Kemahasiswaan, Unmul Kunjungi UB

Diskusi PKM, Hingga Tinjau Pembangunan Kampus

Komitmen pengelola Universitas Mulawarman (Unmul) untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada aktifitas kemahasiswaan terus dilakukan. Mengunjungi beberapa universitas terkemuka yang sudah lebih dulu mapan menjadi salah satu langkah kongkret yang dilakukan untuk mendapatkan saran dan berbagi pengalaman guna mencari solusi permasalahan yang sering dihadapi dalam rutinitas pekerjaan.

Terbaru, dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin., MP, serta beberapa pejabat terkait dalam Tim Studi Kebijakan, Unmul mengunjungi Universitas Brawijaya (UB), di Kota Malang, Jawa Timur.

“Sesuai dengan keinginan Rektor kami bahwa di Unmul saat ini sedang mengupayakan terciptanya sumber daya manusia dan pelayanan yang professional. Hari ini kami bersama rekan-rekan dibidang kemahasiswaan ingin belajar dari UB tentang bagaimana mekanisme pelayanan untuk mahasiswa,” harapnya.

Terlebih ditambahkannya, fokus pembahasan dalam kunjungan kali ini adalah bagaimana cara UB untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam penelitian dan penalaran khususnya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sehingga menghasilkan sebuah proposal yang berkualitas serta bisa lolos pada Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas). Selain itu, agar diketahui bagaimana pelayanan yang diberkan kepada mahasiswa dan fasilitas penunjang yang ada di dalamnya.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini UB merupakan salah satu penyumbang proposal PKM terbanyak yang lolos dalam Pimnas. Kami berharap hari ini bisa menyerap dan mengimplementasikannya nanti apa yang sudah kami pelajari,” tuturnya.

Menanggapi paparan tersebut, Wakil Rektor III UB, Prof. dr. Ir. Arief Prajitno., MS didampingi Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Slamet Kusnadi., MM serta jajaran bidang kemahasiswaan di Kampus yang memiliki sekitar 60.000 mahasiswa ini menjelaskan, untuk peningkatan masuknya proposal PKM dari mahasiswa UB, selain selalu memiliki target setiap tahunnya, disampaikan sejak beberapa tahun yang lalu kampus yang memiliki 16 Fakultas itu sudah membentuk tim khusus di tingkat fakultas yang bertugas menyiapkan serta membantu mahasiswa dalam menangani PKM.

“Tidak sampai ditahap itu saja, untuk para mahasiswa baru yang masuk di universitas ini kami juga telebih dahulu sudah menjalankan program PKM, melalui sosialisasi dan pendampingan. Motivasi tinggi juga tercipta dari adanya rewards langsung dari Rektor kepada para mahasiswa beprestasi maupun dosen pembimbingnya,” ungkap Prof. Arief.  

Dalam pertemuan di Gedung Rektorat UB, Kamis, (23/02) itu, hadir pula para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan beberapa Fakultas di Unmul yang melakukan diskusi bersama Wakil Dekan Fakultas terkait seputar bidang kesejahteraan mahasiswa dan PKM.

Tidak sampai pada ruangan pertemuan saja, sebagai bahan masukan untuk perkembangan universitas, dihari yang sama rombongan berinisiatif mengunjungi lokasi pembangunan Kampus Dua UB dikawasan Dieng, sekaligus meninjau beberapa sarana yang tersedia di lokasi yang sama, seperti asrama mahasiswa dan fasilitas olahraga. (hms/frn)

Tinggalkan Komentar