Home
Tiga Bupati Talk Show di FKIP Unmul
gallery5
share :

Tiga Bupati Talk Show di FKIP Unmul

Samarinda, tiga Bupati yakni dari kabupaten Berau, H. Muharram, Malinau Topan Amrullah serta Tana Tidung, H. Undunsyah hadir memberikan talk show pendidikan kepada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (unmul), Sabtu (30/9) lalu. Ketiganya hadir dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39 FKIP unmul yang dihelat di kantor Dekan FKIP unmul jalan Kuaro, Gunung Kelua, Samarinda Ulu.

Dalam paparannya, BUpati Berau H. Muharram menerangkan bahwa lapangan kerja untuk lulusan FKIP saat ini masih ada, selama daerah ingin memajukan pendidikan di daerahnya masing – masing. Namun di satu sisi, guru honor atau kontrak masih dibatasi oleh pemerintah., maka itulah yang saat ini masih menjadi masalah.  “walaupun di daerah itu memiliki data tentang kebutuhan PNS, terkadang pusat tidak memberikan ruang, karena kewenangan untuk mengangkat pegawai negeri bukanlah kewajiban kabupaten. Kita hanya mengusulkan dana bosda”.  Kata Muharram.

Menurutnya semakin tumbuhkembangnya perguruan tinggi, output perguruan tinggi dibandingkan dengan ketersediaan lapangan kerja jauh lebih tinggi perguruan tinggi, karena berbeda pada tahun  era 90an. Katanya, bagi mahasiswa yang sekarang masih aktif kuliah, perlu dipikirkan bahwa tidak semestinya alumni FKIP harus menjadi guru, karena masih terlalu banyak peluang bisnis lainnya yang bias dilakukan.

Sehingga perguruan tinggi saat ini, tambahnya sudah harus melakukan pemetaan, kapan harus mencetak guru sesuai dengan kapasitas, agar Antara output perguruan tinggi dan lapangan kerja bisa sebanding.  

Sementara itu, Ketua Panitia Dr. Jamil, M.Ap mengatakan bahwa dengan adanya talk show pendidikan ini, dapat membuat FKIP terus berbenah melahirkan lulusan yang professional. Menggugah komitmen pemerintah untuk meprioritaskan layanan pendidikan, serta menghasilkan alternative formula baru dalam pengelolaan pendidikan yang mengacu pada regulasi nasional, namun tetap memperhatikan kondisi daerah. 

sumber : kaltimpost

Tinggalkan Komentar