Home
Berstatus PTN Unggul, UNMUL Asuh Tujuh PTS
gallery5
share :

Berstatus PTN Unggul, UNMUL Asuh Tujuh PTS

Status akreditasi A yang resmi disandang Universitas Mulawarman (UNMUL) mengantarkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar dan tertua di Kalimantan Timur (Kaltim) ini menjadi satu dari 29 Perguruan Tinggi (PT)  yang dipilih sebagai penerima hibah penerapan sistem penjaminan mutu internal tahun 2018. Merupakan program dari Kemenristek Dikti untuk meningkatkan mutu PT guna menumbuhkan budaya mutu. Yaitu dengan cara, PT unggul terakreditasi A untuk membina PT yang masih terakreditasi C melalui Program Asuh PT Unggul.

Melanjutkan Program PT Asuh PT Unggul tahun 2018, maka diadakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Deklarasi Mutu antara UNMUL dan tujuh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Senin, (04/06), pimpinan tujuh PTS diantaranya dari Universitas Kalimantan Utara, Universitas Kutai Kartanegara, Politeknik Malinau, Sekolah Tinggi Manajemen Indonesia Samarinda, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Berau, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Kutai Timur, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Samarinda hadir di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda. Bersama Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si membacakan sekaligus menandatangani MoU dan dokumen deklarasi mutu.

Deklarasi pengembangan budaya mutu di PT Program Asuh PT Unggul 2018 berisi komitmen para pimpinan PT untuk mengembangkan budaya mutu, melalui fasilitasi dalam implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di PT masing – masing.

Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNMUL, Prof. Dr. Ir. Agus Sulistyo Budi mengatakan, Program Asuh PT Unggul diselenggarakan untuk memfasilitasi PT Unggul berakreditasi A untuk mengasuh atau membimbing PT lain yang mutunya masih perlu ditingkatkan. “PT unggul dapat melakukan pembinaan dan sharing best practice kepada PT yang masih berkembang sehingga bisa terdorong untuk menjadi unggul,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Selama empat hari ke depan rangkaian kegiatan Program Asuh ini diisi lokakarya penguatan implementasi SPMI dan magang penguatan kapasitas institusi perguruan tinggi asuhan dalam rangka peningkatan mutu PTS dan Prodi Asuhan.

Sebelum membuka acara Rektor menegaskan, program ini merupakan partisipasi UNMUL pada peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, terutama di wilayah Kaltim dan Kaltara. Deklarasi yang sudah dibacakan bersama dan ditandatangani tutur Rektor, merupakan upaya PT di Kaltim dan Kaltara mewujudkan perguruan tinggi yang unggul. Unggul dari aspek bahasa atau pembuktiannya jelas Rektor, adalah akreditasi A. “Oleh karena itu, dengan penandatanganan deklarasi merupakan simbol bahwa kita semua sudah sepakat salah satu landasan besar untuk membuat kita menjadi unggul adalah sebuah komitmen. Saya optimis mewujudkan PTS yang unggul Insya Allah dapat tercapai. Mari kita semua tingkatan komitmen agar bisa mewujudkannya,” katanya.

Sembari mempresentasikan kondisi terkini UNMUL, Rektor membagikan pengalaman kepada seluruh peserta yang hadir mengenai prinsip kerja lembaga yang dipimpinnya saat proses dan setelah meraih akreditasi A dari BAN-PT. “Di UNMUL kami selalu menanamkan mekanisme dan prinsip kerja. Ada empat prinsip kerja yang kami implementasikan, dan saya selalu menghimbau civitas akademika di UNMUL bahwa sudah saatnya kita semua melakukan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja sama. Itulah yang menjadi modal besar kami,” tegasnya.   

Senada, dikesempatan yang sama Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono sekaligus Ketua Pelaksana menyampaikan materi bertema penguatan komitmen pimpinan dalam implementasi SPMI. (hms/frn)

Tinggalkan Komentar