Home
Unmul Memperingati Hari Pahlawan
gallery5
share :

Unmul Memperingati Hari Pahlawan

 


Tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan untuk mengenang kembali kepada peristiwa pertempuran di Surabaya, 74 tahun silam sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Memperingati hari bersejarah tersebut, segenap Sivitas Akademika Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan upacara bendera dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan, Senin (11/11) di Halaman Rektorat UNMUL.

“Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan didalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia,” ungkap Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si yang bertindak sebagai pembina upacara.

Prof. Masjaya menuturkan, dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “....hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar....”. Selain itu Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagianya,” tegas Prof. Masjaya yang membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia.

Lebih lanjut Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNMUL ini menambahkan, dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. “Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” pintanya dihadapan Sivitas Akademika UNMUL.

Dalam upacara Peringatan Pahlawan tersebut juga, ada pembacaan pesan-pesan Pahlawan Nasional yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia dan Keuangan Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si. Adapula penerima penghargaan secara simbolis dana stimulan Akreditasi A, antara lain, Program Studi (Prodi) Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter dari Fakultas Kedokteran (FK), Prodi Kimia dan Prodi Biologi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prodi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik (FT), Prodi Magister Ilmu Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). (hms/zul)

Tinggalkan Komentar