KKN-PLP DARING

Silakan klik pada menu di bawah ini untuk mengunduh panduan, mengisi presensi rapat, serta melihat nama anggota kelompok serta Koordinator Wilayah KKN-PLP Daring Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera untuk kita semua

Alhamdulillah kita selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, selalu diberikan kesehatan, kesejahteraan, serta mendapat Berkah dan RahmatNya.

Adik-adik mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman, saat ini saya akan menyampaikan hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP).

KKN adalah mata kuliah wajib 3 SKS yang diatur dalam Peraturan Rektor No 06 Tahun 2018 Pasal 52, 53 dan 54. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. KKN di FKIP Unmul masuk kategori KKN Tematik, karena fokus pada bidang pendidikan sesuai dengan kompetensi atau keahlian mahasiswa FKIP.

PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program    Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan Pendidikan, sebagaimana dinyatakan pada  Permenristekdikti Nomor 55 tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, Pasal 1 butir 8. PLP berbeda dengan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), sebagaimana definisi pada butir 9, yaitu PPL adalah kegiatan mahasiswa peserta Program PPG untuk mempraktikkan kemampuannya dalam pembelajaran di sekolah mitra. Pasal 9, ayat 7 dan 11 menyatakan bahwa PLP meliputi: a) perencanaan dilakukan mahasiswa di bawah bimbingan Dosen pembimbing dan Guru Pamong, b) pelaksanaan di Sekolah Laboratorium dan/atau di satuan Pendidikan, c) pelaporan hasil pengamatan, d) penilaian dan pemberian umpan balik langsung dilakukan Dosen dan Guru Pamong dan e) beban belajar untuk kegiatan PLP paling sedikit 4 SKS, terbagi menjadi PLP 1 (1 SKS) dan PLP 2 (3 SKS).

Sejak Tahun 2017, FKIP melaksanakan KKN-PLP Tematik terintegrasi, yaitu dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan, hal ini dimungkinkan karena temanya sama yaitu Pendidikan.  KKN-PLP Tahun 2020 ini tidak bisa dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya dikarenakan wabah covid-19, sehingga memaksa kita untuk melakukan dengan cara yang berbeda. Oleh karena itu kegiatan Tahun 2020 ini kita beri nama KKN-PLP Tematik Luar Biasa (KKN-PLP LB). Disebut luar biasa karena:

  1. Secara umum kita lakukan secara daring, walaupun ada yang memungkinkan pada daerah tertentu tidak daring.
  2. Menyesuaikan dengan tempat mahasiswa berasal. Ini membantu mahasiswa sehingga tidak perlu harus ke Samarinda, bisa PLP di sekolah terdekat dengan tempat tinggalnya
  3. Kelompok-kelompok KKN tidak memerlukan posko, karena kelompok KKN kemungkinan besar bertemu hanya melalui dunia maya dan kita pilihkan fokus hanya di sekolah.
  4. Belum pernah dilaksanakan sebelumnya, sehingga memerlukan cukup banyak pemikiran agar KKN-PLP dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan capaian pembelajarannya.

Pada kesempatan ini kami ingin menekankan bahwa KKN-PLP adalah tanggung jawab kita semua, tanggung jawaban pimpinan fakultas, jurusan, program studi, tanggung jawab dosen dan tentu tanggungjawab mahasiswa juga. Oleh karena itu kami mengajak khususnya mahasiswa FKIP yang memprogramkan KKN-PLP, untuk saling bekerjasama, saling membantu, saling mendukung, saling memahami sehingga mahasiswa berhasil melaksanakan mata kuliah praktek yang setara dengan 7 SKS ini.

Kita ingin agar pelaksanaan KKN-PLP Tematik Luar Biasa ini dapat berjalan dengan baik, lancar sesuai dengan perencanaan dan tujuannya, maka kami membuka Web KKN-PLP ini sebagai media komunikasi antara mahasiswa, dosen dan tim penyelenggara.

Bagian pertama ini, kami tampilkan daftar anggota-anggota per kelompok dan penanggungjawab wilayah masing-masing. Silahkan mahasiswa mencermati data kelompok ini, jika ada permasalahan, bisa langsung menghubungi koordinator wilyah masing-masing.

Informasi awal, KKN-PLP direncanakan mulai tanggal 7 Agustus 2020. Informasi selanjutnya akan ditampilkan melalui web ini.

Akhirnya mari kita bersama-sama berniat untuk melaksanakan KKN-PLP ini dengan sebaik-baiknya sehingga mendapatkan hasil maksimal.

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Samarinda, 20 Juli 2020

Ttd

Dr. Zulkarnaen, M. Si.

Wakil Dekan Bidang Akademik

Silakan sampaikan kritik dan saran anda terkait pelaksanaan KKN-PLP Daring Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 pada formulir di bawah ini.