Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Dr. Aridah, MA.

NIP. 19670727 199203 2 002

E-mail: s2bing@fkip.unmul.ac.id

Sambutan Kaprodi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga Magister Pendidikan Bahasa Inggris berhasil membangun website, Kehadiran Website Magister Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan dapat memudahkan penyampaian informasi secara terbuka kepada seluruh Mahasiswa, Alumni dan masyarakat serta instansi lain yang terkait.

Semoga dengan kehadiran Website ini akan terjalin informasi, komunikasi antar alumni khususnya sebagai salah satu upaya Prodi mendapatkan informasi akan penelusuran tamatan/ alumni dimana saja berada. Dapat memperoleh informasi dengan cepat sehingga dapat mengikuti perkembangan dalam pengetahuan yang berkembang dengan cepat pula.

Demikian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Koordinator Program Studi

Magister Pendidikan Bahasa Inggris

WORKSHOP

Online Workshop on Thesis Writing for Graduate Students.

Daftar

Tentang S2 Bahasa Inggris

Visi

Menjadi Program Studi Magister yang unggul dalam riset pendidikan dan inovasi pembelajaran bahasa Inggris yang mendapat pengakuan Internasional pada tahun 2024.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bermutu yang berorientasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini
  2. Melaksanakan dan mengembangkan riset dan publikasi bereputasi nasional dan internasional
  3. Menyelenggarakan beragam kegiatan pengabdian pengembangan literasi dan linguistik untuk memajukan masyarakat.
  4. Mengembangkan kapasitas kelembagaan Program Studi yang dapat meningkatkan kualitas kinerja dan keunggulan kompetitif dalam persaingan global melalui kegiatan kerjasama pendidikan dan riset berbasis institusi tingkat nasional dan internasional.

Tujuan

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran bermutu berorientasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.
  2. Dihasilkannya produk-produk penelitian inovatif berpaten/HKI untuk menumbuhkembangkan pelayanan pada masyarakat dengan kekhasan pada pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris sejalan dengan IPTEK.
  3. Meningkatknya produktivitas dosen dalam menghasilkan publikasi hasil riset pada level nasional dan internasional.
  4. Dihasilkannya penelitian bermutu yang terpublikasi dalam jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi.
  5. Terjalin jejaring kerjasama nasional dan internasional dalam bidang pendidikan, pelatihan, dan riset bersama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri.

Sasaran & Strategis

  1. 2011-2015mencapaidaya saing peringkat nasional, berupa hasil penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan pendidikan, yang terpublikasi dan bekerjasama dengan institusi terkait secara nasional.
  2. 2016-2020 pencapaiandaya saing Asia Tenggara, dalam bentuk penelitian dan perfomansi dalam publikasi ilmiah internasional bersama dengan berbagai prodi magister (master) pendidikan bidang bahasa Inggris di Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura.
  3. 2021-2024 pencapaian daya saing Asia Fasifik, berupa kerjasama pelatihan, pendidikan melalui penyelenggaraan kerjasama Dual Degree, Visiting Scholar, Visiting Professor dan hasil penelitian secara bersama dengan universitas di Asia-pasifik dan kemudian dipublikasikan terutama pada jurnal-jurnal yang terindeks scopus dan ESCI (Thompson Reuters).
  4. 2025-2028 pencapaian daya saing internasional, dalam bentuk dan penyelenggaraan kerjasama Dual Degree, Visiting Scholar, dan Visiting Professor danhasil penelitian bersama dengan universitas-universitas di Australia, Selandia Baru, Amerika, dan Eropa kemudian dipublikasikan terutama pada jurnal-jurnal yang terindeks scopus, seperti ESCI (Thompson Reuters), Scopus, dan sejenisnya

Sasaran Program Studi merupakan penjabaran dari tujuan program studi, sehingga sasarannya merupakan bagian yang tak terlepas dari tujuannya. Adapun sasaran perencanaan strategis yang akan dicapai PS-MPBI FKIP Unmul dalam lima tahun ke depan untuk mencapai daya saing nasional dan internasional dibagi ke dalam beberapa isu utamasebagai berikut:

 

  1. Sasaran Bidang Tridharma dan Pemberdayaan Mahasiswa/Alumni
    1. Menyiapkan lulusan berkualitasyang berdaya saing nasional dan internasional di bidang pendidikan bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pengguna lulusan.
    2. Meningkatnya kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diunggulkan dan memperoleh pengakuan, baik di tingkat nasional maupun internasional.
    3. Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah pada jurnal nasional dan internasional bereputasi.
    4. Membangun atmosfir akdemik dan budaya mutu melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan perluasan kegiatan pengabdian masyarakat bagi seluruh sivitas
  2. Sasaran Bidang Tatakelola:
    1. Meningkat kualitas mutu pengelolaan Program Studi ke level terbaik sesuai dengan paradigma IPTEKs terbaru yang berorientasi lulusan berdaya saing internasional
    2. Menyiapkan sumber daya yang memadai meliputi dosen handal, tendik bermutu dan sarana dan prasarana yang lengkap dengan pemanfaatan teknologi informasi yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar
  3. Sasaran Bidang Kerjasama Instansional
    1. Mengembangkan jejaring kerjasama dan kolaborasidi bidang pendidikan, penelitian dengan lembaga/institusi di dalam dan di laur negeri

Pembentukan MPBI memiliki sejarah relatif berliku karena mengalami beberapa kali perubahan struktur pengelola diawal berdirinya. MPBI didirikan tahun 2009 dengan Sk Dikti Nomor 1152/D/T/2009 tanggal 15 Juli 2009. MPBI berdiri ketika Dekan FKIP dijabat oleh Prof. Dr. H. Andi Ichrar Asbar, M.Si. (Periode  2009). Diawal berdirinya, MPBI sempat mengalami krisis pengelolaan dan sempat mengalami penundaan kegiata operasional selama hampir satu tahun. Operasional dan proses Pendidikan di MPBI baru dimulai satu tahun kemudian yaitu tahun 2010 setelah ditetapkan pengelolanya Prof. Dr. Susilo, M.Pd. selaku Ketua Program Studi dan Sunardi, S.S., M.Hum sebagai Sekretaris Program Studi. Pengelola ditetapan berdasarkan SK Rektor No. Tugasnya adalah mengembalikan dan menjalankan MPBI menuju tatakelola yang baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Pada tahun 2010, MPBI memulai menerima mahasiswa angkatan pertama sebanyak 50 orang. Disusul kemudian angkatan kedua sebanyak 230 orang dari kelas kerjasama dengan Dinas Pendidikan pada tahun 2011. Dengan masuknya mahasiswa angkatan kedua, membawa perubahan dan perkembangan pesat dari aspek dana penerimaan. Dengan dana yang besar, MPBI berubah pesat karena memiliki Gedung Kantor sendiri dengan disain interior yang lebih modern, berkembang dari aspek manajemen dan bertambahnya infrastruktur penunjang Pendidikan secara memadai.

 

Sejak Agustus 2011, MPBI mulai membangun kerjasama dengan Lembaga dan Universitas di Luar Negeri. Lembaga pertama yang menjalin kerjasama dengan MPBI adalah Professional Continuing Education (PCE) Universitas Adelaide Australia. Kerjasama yang dijalankan adalah kerjasama Program Sandwich Like-Like, sebuah program pengiriman mahasiswa (15 orang) dengan tujuan utamanya adalah: (1) memberikan kesempatan kepada mahasiswa menimba pengalaman belajar internasional di luar negeri; (2) meningkatkan keterampilan menulis akademik yang menunjang prose penulisan tugas akhir tesis S2; (3) mempersiapkan menjadi lulusan yang unggul dan dapat menjalankan tugas-tugas dimasyarakat. Satu tahun berikutnya, tahun 2012, kerjasama dilanjutkan dengan pengiriman kembali mahasiswa sebanyak 20 orang. Di Tahun yang sama, kerjasama dengan Universitas Adelaide dikembangkan ke kerjasama lainnya seperti kerjasama dual degree, kerjasama riset dan program mobilitas staf akademik dalam bentuk Pengiriman dosen dan mahasiswa. Hal ditandai dengan ditanda tanganinya MOU pada tahun 212 oleh Rektor UNMUL saat itu Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE. dan Prof. John Taplin, Pro-vice Chancelor Universitas Adelaide.

 

Sebagai tindaklanjut kerjasama dengan Universitas Adelaide, diselenggarakan kelas kerjasama dual degree dua tahun kemudian, 2014-2015. Kelas dual degree pertama diikuti awalnya 15 orang namun karena 5 orang tidak memenuhi syarat IELTS yang ditetapkan universitas mitra, maka yang dikirim untuk mengambil kelas dua degree tahun 2 Cuma 10 orang mahasiswa. Sumber pendanaan kelas dual degree ini bersumber dana beasiswa Kaltim Cemerlang Provinsi Kalimantan Timur. Sebagai dampak resiprokal dari kerjasama ini, MPBI telah memperoleh banyak keuntungan yaitu; memperoleh konpensasi dalam bentuk program pelatihan gratis bagi dosen di Adealaide tahun 2016. Selain tahun 2017, MPBI memperoleh dua beasiswa satu untuk dosen dan satu lagi untuk mahasiswa. Program ini merupakan program mobilitas dosen dan mahasiswa dimana dosen dan mahasiswa diberi kesempatan menimbah pengalaman mengajar di sekolah Internasional di Adelaide selama 1 bulan.

 

Seiring dengan waktu, MPB terus menjalin hubungan dengan universitas lain di luar negeri seperti Universitas Auckland tahun 2014 dan Universitas Victoria di New Zealand (2013-2017) kemudian diperpanjang tahun 2017-2021. Kerjasama terbaru yang dilakukan adalah dengan Universitas Northern Illinois di Amerika Serikat, April tahun 2017.

 

Seiring perkembangan kemampuan Sumber daya manusia, dana dan infrastuktur pendidikan, MPBI pun mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Menyikapi hal tersebut, penyesuaian tugas pokok dan fungsi sebagai unit penunjang pelaksana kegiatan tirdharma PT untuk mencapai visinya tahun 2024, maka dikembangkan beberapa program unggulan diantaranya rencana pembukaaan program kelas fast track, world class professor kerjasama dengan Fulbight, menjadi pusat pelaksana test IELTS kerjasama dengan British Council Jakarta serta pembukaan prodi baru sebidang yaitu jenjang S3 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mulawarman. Pengelolaan program studi baru tersebut dilakukan secara integrative dengan jenjang S2 untuk efisiensi dan efektivitas.

Fasilitas

Admin Keuangan

Andi Maharani

Admin SIA

Cicik Suci Alami

Staf Akademik

Ramadani Putri

Staf IT

Muhammad Ibnu Saad

Staf Perlengkapan

Muhammad Aliansyah Almi