Universitas Mulawarman

Program Studi | Pendidikan Matematika

Sejarah Berdirinya PS Pendidikan Matematika

            Program Studi Pendidikan Matematika mulai berdiri berdasarkan SK Dirjend Dikti Nomor: 102/DIKTI/Kep/1984 tanggal 21 Agustus 1984 dengan jenjang pendidikan Diploma, yaitu Diploma 2 (D2) dan Diploma 3 (D3). Kemudian baru membuka jenjang sarjana pada tahun akademik 1996/1997 berdasarkan SK Dirjend Dikti nomor : 229/DIKTI/Kep/1996 Tanggal 11 Juli 1996.

 

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PS Pendidikan Matematika

a. Visi :

“Pada tahun 2018 Program Studi Pendidikan Matematika menjadi pusat kajian tentang pendidikan  matematika di Kalimantan Timur sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten, mampu bersaing di tingkat nasional, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan matematika serta mampu menjadi tauladan di dalam kehidupan masyarakat” 

b. Misi

Dalam mewujudkan visi, PS Pendidikan Matematika menyusun misi-misi berikut ini:

  1. Mengadakan dan meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai basis pengembangan pembelajaran.
  2. Mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis teknologi.
  3. Menjalin kerjasama dengan instansi terkait pendidikan matematika.
  4. Meningkatkan kualitas mahasiswa dan tenaga pengajar yang mampu bersaing di era globalisasi yakni berkemampuan mengajar, menguasai materi ajar dengan baik, serta mampu dan menguasai pengajaran dengan komputer (multimedia).
  5. Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk mendorong interaksi positif antar civitas academika.

c. Tujuan :

  1. Menghasilkan sumber daya yang berkualitas dalam pendidikan/ pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat
  2. Meningkatkan secara kuantitas dan kualitas akan keberadaan sarana prasana pembelajaran/perkuliahan berbasis tehnologi.
  3. Mengadakan kerjasama dengan lembaga/institusi di luar Unmul yang melingkupi pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi
  4. Memiliki tenaga pengajar/dosen yang berkualitas dalam segi keilmuan dan kemampuan .melaksanakan proses pembelajaran
  5. Menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang pendidikan matematika
  6. Terciptanya suasana akademik yang kondusif dan nyaman bagi penyelenggaraan program studi.

d. Sasaran :

Berdasarkan visi, misi, dan tujuan program studi pendidikan matematika maka diperlukan sasaran yang mendukung aspek relevansi yang akan menjawab kebutuhan sumber daya manusia. Sasaran-sasaran tersebut, yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas dosen.
  2. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.
  3. Meningkatkan kualitas lulusan sebagai tenaga pengajar.
  4. Meningkatkan pelayanan akademik dan administrasi mahasiswa.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian dosen.
  6. Meningkatkan kerja sama dengan dinas pendidikan,  pemerintah daerah, dan masyarakat.
  7. Menciptakan suasana akademik yang kondusif.

 

Staf Pengajar PS Pendidikan Matematika

            Sampai dengan bulan Pebruari 2013 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmul berjumlah 18 orang, yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 3 orang perempuan dengan jabatan fungsionalnya adalah Lektor Kepala 13 orang, Lektor 10 orang dan Asisten Ahli (Tenaga Pengajar) 2 orang. Adapun jenjang pendidikannya adalah S1 berjumlah 1 orang, pendidikan S2 berjumlah 22 orang dan pendidikan S3 berjumlah 3 orang. Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Matematika tersebut dapat dilihat pada lampiran.

 

Kurikulum  PS Pendidikan Matematika FKIP UNMUL

            Kurikulum program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNMUL mengacu kepada SK Mendiknas Nomor: 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan SK Nomor: 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

            Kurikulum tersebut keseluruhannya berjumlah 153 sks yang terdiri dari 147 sks mata kuliah wajib dan 6 sks mata kuliah pilihan, tersebar dalam 8 semester dengan jumlah sks setiap semester berkisar 9 – 24 sks. Adapun struktur kurikulum program Studi Pendidikan Matematika dapat dilihat pada lampiran. 

Gallery

More

Online Jurnal

Alamat