Universitas Mulawarman

Program Studi | Pendidikan Fisika

Sejarah Berdirinya PS Pendidikan Fisika

            Program Studi Pendidikan Fisika mulai berdiri berdasarkan SK Dirjend Dikti Nomor: 102/DIKTI/Kep/1984 tanggal 21 Agustus 1984 dengan jenjang pendidikan Diploma, yaitu Diploma 2 (D2) dan Diploma 3 (D3). Kemudian baru membuka jenjang sarjana pada tahun akademik 1996/1997 berdasarkan SK Dirjend Dikti nomor : 229/DIKTI/Kep/1996 Tanggal 11 Juli 1996.

 

Visi, Misi, dan Tujuan PS Pendidikan Fisika

a. Visi :

Menjadi pusat pengembangan dan rujukan ilmu pendidikan fisika yang berkualitas dan disegani serta melahirkan tenaga pendidik profesional bidang ilmu pendidikan fisika di wilayah Kalimantan Timur pada tahun 2016.

b. Misi

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan menghasilkan lulusan serta karya ilmiah yang unggul sesuai dengan kebutuhan stakeholders, yang dijabarkan dalam poin berikut ini:

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang kompeten, berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan YME
  2. Menyelenggarakan program jenjang S1 pendidikan fisika yang berorientasi pada pengembangan kemampuan pedagogik dan profesional
  3. Mengembangkan sains dalam bidang pendidikan fisika yang diimplementasikan dalam pembelajaran sains pada pendidikan dasar dan menengah
  4. Mengembangkan strategi pembelajaran yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar fisika
  5. Memfasilitasi dosen dan mahasiswa pendidikan fisika dalam kegiatan penelitian untuk pengembangan sains dan pendidikan fisika
  6. Memfasilitasi pelaksanaan layanan pengabdian kepada masyarakat

c. Tujuan :

  1. Melahirkan sarjana pendidikan fisika yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang mampu menerapkan, menyebarkan dan mengembangkan ilmu di bidang pendidikan fisika
  2. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran pendidikan fisika untuk menyiapkan lulusan yang mampu mengajar sains dengan baik
  3. Meningkatkan peran serta tenaga pengajar dan alumni dalam turut serta meningkatkan kecerdasan bangsa
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama antar program studi pendidikan fisika, dan sekolah-sekolah mitra
  5. Terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif dan ilmiah
  6. Mengembangkan strategi pembelajaran aktif untuk mengoptimalkan kompetensi lulusan
  7. Bersinergi dengan para stakeholder Universtas Mulawarman untuk mencapai visi misi prodi pendidikan fisika secara optimal
  8. Menghasilkan penelitian di bidang pendidikan fisika yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
  9. Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan yang mampu mendorong dan memberi kontribusi kepada masyarakat di bidang pendidikan fisika.

d. Sasaran :

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya dituliskan dalam Rencana Strategis Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mulawarman yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.
  2. Meningkatkan kualitas dosen.
  3. Meningkatkan relevansi kurikulum dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan tutntutan stakeholders.
  4. Meningkatkan soft-skill  lulusan.
  5. Meningkatkan pelayanan akademik dan administrasi mahasiswa.
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dosen.
  7. Meningkatkan kerja sama dengan dunia kerja, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Staf Pengajar PS Pendidikan Fisika

            Sampai dengan bulan Pebruari 2013 Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unmul berjumlah 15 orang, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 3 orang perempuan dengan jabatan fungsionalnya adalah Guru Besar 2 orang, Lektor Kepala 8 orang, Lektor 4 orang dan Asisten Ahli 2 orang. Adapun jenjang pendidikannya adalah S1 berjumlah 1 orang, pendidikan S2 berjumlah 11 orang, pendidikan S3 berjumlah 3 orang. Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Fisika tersebut dapat dilihat pada lampiran.

 

Kurikulum  PS Pendidikan Fisika FKIP UNMUL

            Kurikulum program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNMUL mengacu kepada SK Mendiknas Nomor : 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan SK Nomor : 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi yang berbasis Kompetensi.

            Kurikulum tersebut keseluruhannya berjumlah 151 sks yang terdiri dari 147 sks mata kuliah wajib dan 4 sks mata kuliah pilihan, tersebar dalam 8 semester dengan jumlah sks setiap semester berkisar 9 – 24 sks. Adapun kurikulum program Studi Pendidikan Fisika per semester dapat dilihat pada lampiran.

Gallery

More

Online Jurnal

Alamat