Universitas Mulawarman

Program Studi | Pendidikan Biologi

Sejarah Berdirinya PS Pendidikan Biologi

            Program Studi Pendidikan Biologi mulai berdiri berdasarkan SK Dirjend Dikti Nomor: 102/DIKTI/Kep/1984 tanggal 21 Agustus 1984 dengan jenjang pendidikan sarjana (S1).

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PS Pendidikan Biologi

a. Visi :

Pada tahun 2015 menjadikan program studi pendidikan biologi yang menghasilkan lulusan guru yang berkualitas dibidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat serta memiliki ketrampilan IPTEK di Wilayah Kalimantan Timur.

b. Misi :

            Program Studi Pendidikan Biologi memiliki misi sebagai berikut :

1.    Mewujudkan  Program  Studi  Pendidikan  Biologi yang menghasilkan guru berkualitas  di bidang Pendidikan   dan mampu memecahkan permasalahan pendidikan Biologi.

2.    Mewujudkan  Program  Studi  Pendidikan  Biologi yang menghasilkan  guru berkualitas di bidang Penelitian Pendidikan dan mampu memecahkan permasalahan praktis di bidang  pendidikan Biologi.

3.    Mewujudkan  Program  Studi  Pendidikan  Biologi  yang  menghasilkan guru berketerampilan  IPTEK di bidang Pendidikan Biologi.

c. Tujuan :

  Program Studi Pendidikan Biologi melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar (PBM) berdasarkan kepada seperangkat kurikulum yang bertujuan:

  1. Menghasilkan guru yang berkualitas di bidang pendidikan dan pengajaran biologi.
  2. Menghasilkan guru yang berkualitas di bidang penelitian pendidikan  biologi dan mampu mengimplementasikan hasil penelitian untuk memecahkan masalah pendidikan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
  3. Menghasilkan guru biologi yang terampil di bidang  IPTEK.

d. Sasaran :

            Berdasarkan visi, misi, dan tujuan Program Studi Pendidikan Biologi diberikan sasaran yang mendukung aspek relevansi yang menjawab kebutuhan sumber daya manusia, maka sasaran-sasaran tersebut yaitu :

  1. Dunia Pendidikan Biologi

Strategi ke dalam

  1. a.      Pengembangan sumber daya dosen

Secara berkala dilakukan pengiriman tugas belajar untuk dosen pada jenjang S2 dan S3 bagi dosen program studi.

  1. b.      Pengembangan Sarana dan Prasarana

Secara berkelanjutan meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang ada seperti laboratorium, ruang kelas, ruang dosen, perpustakaan, serta sarana yang menunjang proses pembelajaran berbasis ICT.

  1. c.      Pengembangan sumber daya tenaga kependidikan

Secara terus menerus meningkatkan kualitas tenaga kependidikan untuk mengikuti peltihan, seminar ataupun workshop.

Strategi ke luar

  1. Upaya menjalin kerjasama dengan berbagai instansi

Kerjasama ini diarahkan untuk dinas pendidikan tingkat II serta Universitas di dalam dan di luar Provinsi Kalimantan Timur.

2.    Unsur Luar Lainnya

Dalam rangka peningkatan kepakaran, profesionalisme, ketrampilan, dan pengetahuan lulusan yang memiliki daya saing dan mampu menciptakan lapangan kerja alternatif, maka diperlukan :

  1. Partisipasi alumni untuk penyediaan sarana dan prasarana penunjang serta dana guna keberlanjutan Program Studi

Strategi :

1)    Menjalin hubungan secara intensif

2)    Mangadakan pertemuan langsung (temu alumni) maupun melalui internet

3)    Terbentuknya Ikatan Alumni (IKA) Pendidikan Biologi FKIP UNMUL.

  1. Partisipasi pengguna lulusan :

Strategi :

1)    Dilibatkan dalam pembuatan kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder.

2)     Melaksanakan umpan balik dari pengguna lulusan untuk meningkatkan kualitas lulusan dari Program Studi Pendidikan Biologi.

 

Staf Pengajar PS Pendidikan Biologi

            Sampai dengan bulan April 2004 Program Studi Pendidikan Biolog FKIP Unmul berjumlah 18 orang, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan dengan jabatan fungsional Guru Besar 2 orang, Lektor Kepala 12 orang, Lektor 3 orang dan Asisten Ahli 1 orang. Jenjang pendidikan S1 berjumlah 3 orang, pendidikan S2 berjumlah 4 orang, pendidikan S3 berjumlah 11 orang. Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Biologi tersebut dapat dilihat pada lampiran

 

Kurikulum  PS Pendidikan Biologi FKIP UNMUL

            Kurikulum program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNMUL mengacu kepada SK Mendiknas Nomor : 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan SK Nomor : 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi yang berbasis Kompetensi.

            Kurikulum tersebut keseluruhannya berjumlah 151 sks yang terdiri dari 147 sks mata kuliah wajib dan 4 sks mata kuliah pilihan, tersebar dalam 8 semester dengan jumlah sks setiap semester berkisar 9 – 23 sks. Adapun kurikulum program Studi Pendidikan Biologi per semester dapat dilihat pada lampiran.

 

Gallery

More

Online Jurnal

Alamat