Universitas Mulawarman

Program Studi | Pendidikan Kimia

Sejarah Berdirinya PS Pendidikan Kimia

            Program Studi Pendidikan Kimia mulai berdiri berdasarkan SK Dirjend Dikti Nomor: 316/DIKTI/Kep/1992 tanggal 23 Juni 1992 dengan jenjang pendidikan sarjana (S1).

 

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PS Pendidikan Kimia

a. Visi :

Visi PS Pendidikan Kimia adalah menjadi pusat pengembangan dan rujukan ilmu pendidikan kimia serta melahirkan tenaga pendidik profesional di bidang ilmu pendidikan kimia di wilayah KalimantanTimur pada tahun 2016.

b. Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang kompeten, berkarakter, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memfasilitasi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan karya akademik dalam bidang sains dan pendidikan kimia.
  3. Meningkatkan peran program studi pendidikan kimia dalam peningkatan kualitas pembelajaran kimia di tingkat pendidikan menengah hingga perguruan tinggi.
  4. Memfasilitasi pelaksanaan layanan pengabdian kepada masyarakat.

c. Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki dasar keilmuan Pendidikan Kimia yang kuat, dapat mengevaluasi serta memecahkan permasalahan dalam dunia pendidikan, memiliki etika yang baik, bermoral dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, memiliki jiwa kewirausahaan dan siap bersaing di kompetisi nasional.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang Pendidikan Kimia yang berkualitas dan dapat diterapkan dalam pembelajaran di perguruan tinggi dan sekolah-sekolah di wilayah Kalimantan Timur.
  3. Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan yang mampu mendorong dan memberi kontribusi kepada masyarakat Kalimantan Timur di bidang Pendidikan Kimia.
  4. Mengembangkan kerja sama antara program studi Pendidikan Kimia dan sekolah mitra melalui peran alumni sebagai partner dalam upaya peningkatan kinerja dan citra Program Studi Pendidikan Kimia.

d. Sasaran :

            Sasaran dan Strategi Pencapaiannya dituliskan dalam Rencana Strategis Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mulawarman yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar .
  2. Meningkatkan kualitas dosen.
  3. Meningkatkan relevansi kurikulum dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan tuntutan stakeholders.
  4. Meningkatkan soft-skill  lulusan.
  5. Meningkatkan pelayanan akademik dan administrasi mahasiswa.
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dosen.
  7. Meningkatkan kerja sama dengan dunia kerja, pemerintah daerah, dan masyarakat.

 

Staf Pengajar PS Pendidikan Kimia

            Sampai dengan bulan April 2004 Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unmul berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 7 orang perempuan dengan jabatan fungsionalnya adalah Guru Besar 3 orang, Lektor Kepala 11 orang, Lektor 9 orang dan Asisten Ahli (tenaga pengajar) 7 orang. Adapun jenjang pendidikannya adalah S1 berjumlah 1 orang, pendidikan S2 berjumlah 25 orang, dan pendidikan S3 berjumlah 4 orang. Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Kimia tersebut dapat dilihat pada lampiran.

 

Kurikulum  PS Pendidikan Kimia FKIP UNMUL

            Kurikulum program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNMUL mengacu kepada SK Mendiknas Nomor : 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan SK Nomor : 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi yang berbasis Kompetensi.

            Kurikulum tersebut keseluruhannya berjumlah 156 sks yang terdiri dari 144 sks mata kuliah wajib dan 12 sks mata kuliah pilihan yang tersebar dalam 8 semester dengan jumlah sks setiap semester berkisar 13 – 23 sks. Adapun kurikulum program Studi Pendidikan Kimia per semester dapat dilihat pada lampiran.  

Gallery

More

Online Jurnal

Alamat